Sunday, May 19, 2024

Kabar dari Bukit Minggu 27 November 2022

Kabar dari Bukit

JALAN DI KEGELAPAN (Yes. 2:1-5)

Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem (Yes. 2:3b)

 

Salam dalam kasih Kristus.

Dalam buku Jhon S. Feinberg Masih Relevankah PL di Era PB, salah satu penulisnya mengatakan bahwa Alkitab paling baik dipahami dalam lingkup gereja. Sisi lainnya, Yesus Kristus adalah puncak kebenaran rohani (Ibr. 1:1-3). Ia adalah sarana menuju kesatuan dengan Allah. Sebagai Tuhan, Dia juga merupakan tujuan kita. Amin.

Firman Tuhan bagi kita di Minggu Adven I ini, diambil dari kitab Yes. 2:1-5. Judul perikopnya: Sion sebagai pusat kerajaan damai. Ini adalah nubuatan Yesaya tentang datangnya Mesias, puncak pengharapan umat Yahudi. Pada saat kedatangan-Nya, “rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana. Dan banyak suku bangsa akan datang” (ay. 2-3a).

Gambaran ini berbeda dalam Perjanjian Baru. Mesias itu telah datang, yakni Yesus Kristus. Rumah Tuhan bukan lagi berupa bangunan menjulang megah di gunung, tetapi berada di dalam hati setiap orang percaya, tempat Roh Kudus bersemayam dan memimpin hidup orang percaya. “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” (1Kor. 3:16).

Demikian juga rumah Tuhan atau gereja, bukan hanya dalam pengertian fisik bangunan, melainkan gereja lebih kepada organisme hidup, kumpulan orang percaya yang dipanggil keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib, untuk memberitakan perbuatan-perbuatan-Nya yang besar (Ef. 5:8; Kol. 1:13; 1Pet. 2:9)

Pada bagian lain buku Feinberg di atas yang ditulis oleh Willem Van Gemeren dengan mengutip Ursinus, disebutkan adanya perbedaan PL dan PB. Beberapa diantaranya adalah, ibadah dalam PL bersifat seremoni, sementara PB ibadahnya bersifat rohani. Kasih karunia yang diberikan kepada umat, dalam PL itu mendahului kedatangan Mesias, tetapi dalam PB kasih karunia yang diberikan DEMI Mesias. Selain itu, pencurahan Roh Kudus dalam PL bersifat terbatas termasuk waktunya, sementara dalam PB pencurahan Roh Kudus bersifat penuh dan selamanya. Dialah yang mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya (ay. 3).

Namun selain ada perbedaan, ada banyak kesamaan PL dan PB yang digambarkan Van Gemeren, beberapa diantaranya adalah adanya pengampunan, ada kehidupan kekal, ada iman, dan keduanya meminta tuntutan kepatuhan. Sebagaimana dijelaskan dalam nas minggu ini, kesamaan lainnya Mesias akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa, dan ajaran-Nya lebih kepada damai dan bukan perang. (ay. 4, band. Mat. 25:31-46; Yoh. 5:22).

Poin terakhir paling penting kesamaan PL dan PB adalah, umat diminta berjalan di dalam terang TUHAN! (ay. 5). Jalan terang inilah yang dibawa Tuhan Yesus, Sang Mesias yang kita akan sambut dan rayakan nanti. "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup" (Yoh. 8:12).

 

Jalan terang dan damai yang dibawa Yesus, bukan mengajak orang memakai pedang, melainkan pedang diubah menjadi mata bajak untuk berproduksi (ay. 4). Jalan terang menyingkirkan permusuhan, menghalau rasa benci dan dendam hilang kendali, tetapi menawarkan kasih sayang dan damai sejahtera. “Karena itu perhatikanlah supaya terang yang ada padamu jangan menjadi kegelapan” (Luk. 11:35). Itulah jalan terang yang diminta kita terus lalui, bukan jalan di kegelapan.

 

Tuhan Yesus memberkati, amin 

Pdt. (Em.) Ramles M. Silalahi

 

Khotbah

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Renungan

Pengunjung Online

We have 6 guests and no members online

Login Form